Jumat, 25 Februari 2011

Bunga Matahariku

foto: koleksi dyah












Bunga Matahari dikenal tumbuh ke arah matahari, perilaku ini dikenal dengan istilah heliotropik. Pada malam hari, bunga itu tertunduk ke bawah. 


Bunga Matahari si Kuning Penuh Manfaat Bagi beberapa orang, menanam bunga matahari sebagai tanaman hias ternyata tidak terlalu diminati. 
Padahal bunga matahari termasuk bunga yang cantik dan memiliki keunikan tersendiri dibanding bunga-bunga yang lain. Seperti namanya, bunga ini memang mirip matahari. 
Bunganya berukuran agak besar dengan kelopak-kelopak kuning menyala yang tampak indah. 
Apakah karena itu dia dinamakan bunga matahari? Ternyata tidak hanya itu. Kelopak bunga matahari yang mekar akan selalu menghadap ke arah matahari. Itulah yang membuat bunga matahari ini sangat unik.

Biji bunga matahari terletak di tengah-tengah bunga yang berwarna kecokelatan. Kalau dilihat begitu saja, biji itu memang tidak tampak. Namun, kalau kita mengambil helai-helai kecokelatan itu, lalu mengupasnya maka menyembullah bijinya. 
Bentuknya pipih, bercorak belang-belang putih dan hitam.

Musim hujan ini bunga matahariku banyak dimakan ulat hijau. Bahkan daunnya pun juga tidak luput dimakan si hijau nakal itu . Daunnya pada bolong-bolong tidak beraturan. Paling-paling kalau kelihatan si hijau lagi nangkring di daun atau bunganya langsung aku ambil trus dibunuh.

Nah, siapa yang ingin menanam bunga matahari?  kan bunga ini bagus juga untuk mempercantik halaman rumah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar